Karakteristik Senyawa Bahan Alam (Bagian 1)


Hai Chem’s ….
Pada postingan sebelumnya penulis sudah menjelaskan apa itu biokimia dan bagaimana proses metabolismenya  dalam tubuh.
Kali ini penulis akan menjelaskan tentang bagaimana sih karakteristik senyawa organic bahan alam???

Karakteristik Flavonoid
Senyawa flavonoid yaitu  sekelompok senyawa fenol dimana senyawa-senyawa ini merupakan zat warna merah, ungu dan biru dan sebagai zat warna kuning yang ditemuukan dalam tumbuh-tumbuhan. Flavonoid merupakan kelompok fenol yang terbesar yang terdapat di alam.
Kerangka dasar karbon Flavonoid terdiri dari 15 atom karbon, dimana dua cincin benzen (C6) terikat pada suatu rantaipropana (C3) sehingga membentuk suatu susnan C6 – C3 – C6. Susunan ini dapat menghasilkan tiga jenis struktur senyawa flavonoida. Contoh senyawa flavonoida, diantaranya antosianin.

Jadi dari gambar di atas maka dapat ita ketahui bahwa dalam struktur flavonoid memiliki karakteristik yaiitu  jika gugus OH pada (1) dihapus maka akan menjadi flavone, OH pada (1) diganti dengan cincin ketiga maka akan menjadi isoflavone, jika gugus O pada (2) diganti menjadi H maka akan mnjadi antosianin.
Pada pembahasan kali akan dibahas karakteristik turunan flavonoid dari flavonol yaitu antosianin.




Antosianin adalah polifenol yang ditemukan dalam tanaman sebagai pigmen merah. Antosianin bertanggung jawab atas warna biru, ungu, merah, dan menengah dari banyak bunga, daun, sayuran, dan buah-buahan. Antosianin memiliki beberapa karakteristik dari gugusnya:
      1.      Anthocyanin memiliki sifat antikanker dan analognya dapat membantu dalam mensintesis agen antikanker baru yang lebih efektif di masa depan.
      2.      Analisis struktur-aktivitas mengungkapkan bahwa jumlah gugus hidroksil dan keberadaan gugus gula sangat penting untuk tindakan modulasi spesifik anthocyanin.
      3.      Pigmen antosianin adalah pigmen yang bersifat larut air, terdapat dalam bentuk aglikon sebagai antosianidin dan glikon sebagai gula yang diikat secara glikosidik.
      4.      Antosianin adalah zat warna yang bersifat polar dan akan larut pada pelarut polar








Permasalahan

      1.       Apakah fungsi atau manfaat langsung senyawa bahan alam pada tumbuhan bagi tubuh manusia? Dan sebutkan jenis senyawanya!
      2.       Apakah semua tumbuhan memiliki metabolit sekunder seperti alkaloid, steroid/terpenoida, flavonoida, fenolik, kuinon, saponin, tannin, lignan dan glikosida dan lain-lainnya? Bagaimana caranya kita mengetahui keberadannya?
      3.      Bagaimana hubungan antara metabolit primer dan metabolit sekunder? Apakah metabolit sekunder ada juga pada manusia?


Comments

  1. Hallo Regina
    Saya Akan mencoba menjawab permasalahan yang nomor 3. Hubunganya yaitu Sama-sama Kita ketahui bahwa Metabolit sekunder ini terbentuk dari Metabolit primer, dimana antara Metabolit primer Dan Metabolit sekunder ini terbentuk melalui sutu jalur metablolisme, Nah jalur ini Akan disesuaikan lagi dengan situasi atau kondisi, fungsi serta tujuannya didalam suatu lingkungan tumbuhan itu tumbuh. Metabolit sekunder ini berguna didalam tubuh manusia, contohnya seperti tanaman yang mengandung Flavonoid. Tanaman yang mengandung senyawa Flavonoid ini seperti teh hijau. Nah teh hijau ini dapat mencegah penyakit kanker yang tumbuh didalam tubuh, karena teh hijau ini bersifat antioksidan. Kita ketahui antioksidan ini adalah penangkal radikal bebas.
    Semoga membantu 🙏

    ReplyDelete
  2. 1. Mnfaat langsung bagi tubuh manusia contohnya saja daun jambu biji dimana Manfaat daun jambu biji untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi diare. Daun jambu biji telah dikenal luas sebagai obat alamiah yang akan sangat manjur mengatasi diare, Mencegah Diabetes, Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat, Turunkan Berat Badan dan masih banyak lagi.
    Untuk jenis senyawa pada daun jambu terdapat Flavanoid, Alkaloid, Pektin atau serat yang larut dalam air, Tanin (mengandung fenol), Minyak atsiri yang teridir atas campuran senyawa oleopten dan juga stearopten atau minyak esensial.
    Semoga membantu:)

    ReplyDelete
  3. Yaitu semua tumbuhan memiliki metabolit sekunder, tetapi hanya memiliki salah satu seperti hanya alkaloid dan steroid. Cara untuk mendeteksinya yaitu dengan diujikan dengan pereaksi dengan larutan seperti pada praktikum

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Persenyawaan Kimia Organik Heterosiklik

Zat Warna dan Kaitannya Dengan Spektro UV-Vis